Sejarah dan Asal Usul Youtube Yang Harus Kamu Tahu

Youtube saat ini merupakan platform menonton video yang paling populer saat ini. anak perusahaan Google tersebut saat ini sudah menjadi platform berbagai video yang sangat besar yang menjadi tempat dimana orang – orang berbagi serta mencari konten visual.

Namun, ternyata Youtube awalnya tak direncanakan menjadi platform video seperti saat ini, melainkan sebuah situs kencan online yang berbasis video.

Awalnya, Youtube memiliki slogan “Nyalakan, lalu jalin hubungan”. Sesuai dengan namanya, Yotube ini dibuat untuk menjadi situs kencan online yang basisnya video. Dan saat itu, Youtube juga masih dalam bentuk versi beta.

Lalu, disengaja atau tidak, dalam sejarah Youtube pun masuk ke dalam daftar secara administrasi di tanggal 14 Feb 2005 yang tepat menjadi perayaan valentine.

Platform ini awalnya memiliki markas pada sebuah ruko di San Mateo, California yang didaftarkan oleh tiga pemuda yaitu Steve Chen Hurley, Chad Hurley, serta Jawed Karim.

Namun, kemauannya menjadikan Youtube menjadi platform kencan online sepertinya tak berjalan dengan mulus. Situs kencan tersebut nyatanya hanya didatangi oleh beberapa orang saja.

Seakan tidak menyerah, mereka lalu memasangkan sebuah iklan pada platform periklanan Craiglist yang menawarkan 20 dollar AS untuk siapapun yang mau mengunggah video mereka di Youtube.

Video itu isinya harus bercerita mengenai bagaimana pasangan yang mereka harapkan dan mereka mau. Namun sayangnya, dilihat dari hasilnya taka da satupun yang tertarik.

Mereka bertiga lalu mulai kebingungan dan bertanya – tanya kemana Youtube ini akan dibawa nantinya. Inilah yang menjadi titik balik mereka dalam berubah dan mengubah strategi mereka.

Mereka lalu membuka pintu selebar – lebarnya dimana siapapun bisa mengunggah video apapun di Youtube. Prinsip yang digunakan juga masih tetap sama dimana mereka akan menyediakan wadah yang mempunyai antarmuka atau interface yang sederhana.

Hal ini dilakukan agar orang yang tak terlalu tahu mengenai teknologi juga bisa mengunggah video mereka di platform Youtube ini.

Video paling pertama yang diunggah pada platform Youtube ini pun memiliki judul “Me at the Zoo” dimana isinya menampilkan salah satu co founder mereka yaitu Karim saat ia sedang berada di kebun binatang San Diego Zoo.

Video ini memiliki durasi hanya selama 19 detik dan memperlihatkan Karim yang mencerikana apa saja yang ia lihat selama di kebun binatang, tepatnya di depan kandang gajah.

Video yang ditampilkan ini meluncur di tanggal 23 April 2005. Setelah dirilis secara beta d bulan Februari, Youtube pun secara resmi meluncurkan ke public di tanggal 15 Desember 2005.

Lalu di saat itu, Youtube pun berdiri sebagai perusahaan angel funded atau perusahaan yang didanai oleh individu yang kaya raya.

Satu bulan sebelum perilisannya, tepatnya di bulan November 2005, perusahaan pemodal bernama Sequoia Capital pun menaruh investasi dengan nilai sebesar 3,5 juta dollar AS.

Semenjak mengganti strategi mereka, Youtube pun telah menerima lebih dari dua juta video yang ditonton di Youtube saat itu. Lalu pada bulan Januari 2006, penonton Youtube tiba – tiba naik jauh sampai dengan 25 juta penonton.

Jumalh video yang sudah beredar pada situs ini juga melesat sampai dengan lebih dari 25 juta video di bulan Maret 2006 lalu.

Pertumbuhan yang terlihat semakin positif ini pun membuat Sequoia Capital memberikan tanaman modal tambahan sebesar 8 juta dollar AS untuk Youtube di bulan Aprul 2006. Semakin lama, jumlah video yang diunggah di Youtube pun semakin banyak.

Karena Youtube semakin populer, Youtube pun perlahan – laan mulai mendapat beberapa masalah baru. seperti fasilitas yang membutuhkan komputer lebih banyak, sampai dengan koneksi internet broadband yang semakin mumpuni.

Bahkan, Youtube juga mulai menghadapi masalah hak cipta karena banyak media yang protes jika video yang diunggah adalah hak milik media.

Walaupun Youtube saat itu sudah mendapat investor, namun ternyata hal itu tak mengatasi banyak masalah mereka. Apalagi, saat itu Youtube juga belum mampu mengkomersilkan produknya dengan maksimal. Akhirnya, mereka pun berpikir untuk menjual Youtube lalu diakuisisi oleh Google.

Tentang Penulis

stopaids